Cara Kerja Fitur Low Power Mode pada iOS 9 Untuk Menghemat Daya Baterai

Share
Tweet

Pada iOS 9, Apple memperkenalkan mode Low Power yang dibuat untuk memerperpanjang umur baterai saat daya yang tersedia makin menipis. Tapi bagaimana sebenarnya Mode Low Power ini bisa menghemat baterai ?

Jadi saat mode Low Power bekerja maka sistem operasi akan mengurangi performa prosesor dan mengurangi jumlah aktivitas yang berjalan di latar.

Bagaimana kita mengidentifikasi mode Low Power ini? Dengan menggunakan tool Geekbench versi 3 yang telah diupdate untuk mendukung iOS 9 maka kita bisa melihat perbedaan performa CPU apabila mode Low Power sedang aktif.

Misalnya pada pengetesan Geekbench 3 dengan iPhone 6 plus, bila mode ini tidak aktif, maka iPhone 6 Plus menghasilkan skor 1606 pada tes single core prosesor dan pada tes multi core memiliki skor 2891. Nah tapi apabila kita mengaktifkan mode Low Power maka skor ini akan turun drastis menjadi 1019 saja dalam mode tes single core dan menjadi 1751 pada mode multi core yang memang memperlihatkan pengurangan performa pada saat mode Low Power aktif yang bisa menghemat daya baterai.

Hal yang sama juga terjadi bila tes dilakukan pada iPhone 5s, yang memperlihatkan penurunan performa sampai 40% dalam mode Low Power.

Mode ini akan dipicu secara otomatis bila sisa daya baterai tersisa tinggal 10 atau 20 persen yang menampilkan pop up sehingga pengguna bisa mengaktifkan mode ini.

Kita juga bisa memilih untuk mengaktifkannya tanpa menunggu sisa baterai tinggal sedikit dengan menggunakan mode Setting pada bagian Battery.

Pada mode Low Power aktif, maka iOS akan menonaktifkan Mail Fetch, Background App Refresh, efek tampilan, serta animasi wallpaper.

Menurut Apple, dengan mode Low Power pada iOS9 bisa memperpanjang ketahanan baterai sampai total 3 jam. Hebat yah?

Ios

you may also want to read

Software

14 Maret 2011

Google Apps : Membuat E-mail dengan Domain sendiri

0 comments

Leave a comment